Social Icons

Pages

Sabtu, 05 Januari 2013

Mbah Marijan, Sang Kuncen Merapi

Ilustrasi

Ketika Gunung Merapi kembali menunjukan kekuatannya tahun 2010 lalu, profesi juru kunci cukup mendapat sorotan lantaran tindakan “sensasional” yang dilakukan. Mbah Maridjan, laki – laki kelahiran 1924 yang kala itu memangku jabatan sebagai kuncen Gunung Merapi tidak mau dievakuasi meski lahar dingin mulai merambah ke desa tempat tinggalnya. Sepakat dengan Mbah Maridjan, masyarakat desa setempat juga tidak mengindahkan himbauan untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman. Mereka begitu mempercayai Mbah Maridjan karena dianggap lebih mumpuni dalam membaca Merapi. Demikian hebatkah sang juru kunci?

Juru kunci atau biasa disebut dengan kuncen sebenarnya tidak hanya dimiliki oleh Gunung Merapi, tetapi juga gunung lain, laut, juga makam. Pemilihan kuncen untuk setiap tempat tentu tidak dilakukan secara sembarangan. Mereka yang terpilih dianggap telah memahami karakteristik tempat – tempat tersebut. Demikian halnya dengan Mbah Maridjan, lebih dari 27 tahun beliau mempelajari Merapi dan segala aktivitasnya. Beliau menjaga kelestarian gunung dari tangan – tangan jahil yang tidak bertanggungjawab. Kepada para pendaki, Mas Penewu Surakso Hargo (Sang Penjaga atau Juru Kunci) memberi detail terkait jalur aman pendakian, hal – hal atau tempat terlarang, hingga tindakan penyelamatan apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Dan saat Merapi mulai memperlihatkan aktivitas mencurigakan, beliau bertugas untuk menginformasikannya kepada masyarakat. Mbah Maridjan ibarat seorang duta besar yang menghubungkan Gunung Merapi dengan warga sekitar.

Tidak bijaksana rasanya jika profesi juru kunci selalu dikaitkan dengan hal beraroma mistis. Semua tindakan dan keputusan sang penjaga tentu memiliki latar belakang yang kuat. Niteni, demikian Mbah Maridjan menyebutnya. Niteni merupakan kegiatan membaca, memahami tidak terbatas kepada tulisan tetapi lebih luas lagi yakni membaca alam, memahami semesta. Sejak tahun 1983 Mbah Maridjan diberi amanat oleh Sri Sultan Hamengku Buwana IX untuk menjadi kuncen Gunung Merapi, sebelumnya beliau juga mendampingi sang ayah menjalankan amanat yang sama. Selama itu juga Mbah Maridjan bergaul dengan Merapi, membaca sampai akhirnya mampu memahami karakteristik gunung tersebut. Sehingga tidak tepat jika ada anggapan bahwa kegiatan juru kunci melulu berbau gaib atau mistis. Sebagai analogi, seorang ibu pasti akan memahami karaktersitik anak-anak sebab setiap hari tumbuh dan berkembang bersamanya. Ia juga pasti tau sikap yang harus diambil ketika si anak menangis misalnya. Sama seperti hubungan antara Mbah Maridjan dan Gunung Merapi, sangat rasional.

Mbah Marijan
Satu lagi tugas utama dari kuncen Merapi adalah memimpin upacara tahunan Labuhan Merapi. Upacara ini diselenggarakan setiap tanggal 30 bulan Rajab dalam kalender Islam. Usai serah terima ubarampe (perlengkapan upacara) dari Kraton Ngayogyakarta kepada Mbah Maridjan, ubarampe tersebut kemudian diarak dan disemayamkan di rumah sang juru kunci. Pada malam harinya, dilakukan kenduri wilujengan berupa renungan malam, tahlil, do’a dan tirakat yang dipimpin oleh kuncen Merapi. Semuanya dilakukan hanya untuk satu tujuan, keselamatan. Ketika perilaku selaras dengan hukum alam, keselamatan hidup bukan lagi keniscayaan.

Di balik amanat yang beliau pikul, Mbah Maridjan tetaplah seorang manusia biasa. Seorang suami, juga ayah yang lugu, ramah dan sederhana. Dalam keseharian beliau mengerjakan aktivitas seperti masyarakat desa pada umumnya, menggarap kebun, kerja bakti, ikut arisan desa, solat berjamaah di masjid, dan lain sebagainya. Sosok yang begitu berjasa akhirnya wafat di usia ke 83 tahun akibat terkena terjangan lahar dingin. Meskipun beliau telah tiada, juru kunci harus tetap ada mengingat situasi alam semakin tidak menentu dan kian mengkhawatirkan.

1 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    BalasHapus