Social Icons

Pages

Minggu, 26 Agustus 2012

Sendratari Ramayana

GPH Djati Kusumo
Salah satu pertunjukan sendratari dari daerah Jawa adalah Sendratari Ramayana yang dipentaskan di kompleks Candi Prambanan Jawa Tengah dan di Purawisata Yogyakarta yang terletak di Jalan Brigjen Katamso sebelah timur Keraton Yogyakarta. Pada awalnya sendratari Ramayana dipentaskan sejak 28 Juli 1961. Digagas oleh Letjen TNI (purn) GPH Djati Kusumo, dipentaskan pertama kali di panggung tebruka sebelah selatan Candi Prambanan. Pada masa presiden Soeharto, tahun 1989, diresmikan panggung utama di Candi Prambanan untuk pementasan dengan berlatar candi Prambanan.

Sendratari Ramayana atau Ramayana Ballet merupakan sebuah pagelaran seni yang menggabungkan seni tari dan drama yang mengangkat cerita Ramayana.  Cerita Ramayana merupakan salah satu cerita yang terpahat pada dinding candi Siwa, salah satu Candi pada kompleks candi Prambanan. Jika berkunjung ke candi tersebut dan mengelilingi candi dengan berjalan searah jarum jam maka akan menemukan alur cerita Ramayana. Cerita Ramayanayang dipentaskan melalui sendratari serupa dengan yang ada pada pahatan candi.

Kisah Ramayana mengisahkan tentang kehidupan Rama yang berjuang untuk menyelamatkan istrinya, Dewi Sinta, yang diculik oleh Rahwana. Seluruh cerita dikemas dengan tarian yang dibawakan oleh ratusan penari dengan iringan musik gamelan. Tidak ada dialog yang terucap dari para pemain, yang ada hanya alunan tembang dari suara sinden yang menggambarkan jalannya cerita. Narasi dalam sendratari ini pun dibacakan dengan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
Pementasan sendratari pada bulan Mei – Oktober diadakan di panggung terbuka. Sedangkan pada musim penghujan, November – April, pementasan diadakan pada panggun tertutup Trimurti. (PD)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar