Social Icons

Pages

Minggu, 26 Agustus 2012

Dalang Bukan Hanya Pendalang


Oleh Dwi Rahmawanto

Dalang juga turut mengatur ritme pemusik
Bila berbicara tentang kebudayaan di Indonesia, Jawa khususnya, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah “wayang”,  yang merupakan warisan budaya luhur yang diakui oleh dunia (UNESCO) sebagai karya budaya yang adiluhung.Ketika berbicara tentang wayang, maka tidak dapat dipisahkan dengan apa yang disebut dengan dalang, yakni orang yang bertugas untuk memainkan wayang tersebut.Dalam setiap pergelaran wayang, dalang selalu memegang peranan penting. Karena apabila dalam suatu pergelaran itu kita ibaratkan sebuah sistem, dalang adalah pemimpin atau pengatur dari jalanya sistem tersebut. Dalam wayang kulit misalnya, sebuah pertunjukan wayang kulit, menggunakan alat gamelan lengkap, wayang, penyanyi (sinden) dan sebagainya. Dalanglah yang mengatur kapan gamelan berbunyi, kapan irama menjadi keras dan cepat kapan irama akan menjadi lambat dan lirih. Selain itu dalang juga yang mengatur cerita dan memberikan amanat – amanat tentang kehidupan bagi manusia dalam pergelaran tersebut. Semua perangkat tersebut berjalan dalam satu komando yakni komando dari seorang dalang.

Namun, fungsi seorang dalang tidak hanya sebagai  seorang yang memainkan dan mengatur jalannya pagelaran wayang. Akan tetapi, pada masa lalu dalang dianggap orang suci yang menjadi perantara untuk mengenal ataupun mendekatkan diri kepada Sang Hyang Tunggal/ Sang Pencipta.  Dengan kata lain, dalang merupakan seorang yang menjadi media bagi manusia untuk menyalurkan hasrat ketuhanan. Sehingga keberadaan dalang ini sangat penting sekali bagi masyarakat. Selain itu, fungsi seorang dalang yang saat ini mungkin sudah banyak terlupakan antaralain adalah sebagai berikut:

1.      dalang sebagai pelestari seni budaya
2.      dalang sebagai komunikator sosial
3.      dalang sebagai juru hibur
4.      dalang sebagai juru dakwah
5.      dalang sebagai juru suluh
6.      dalang sebagai ahli falsafahdan kerohanian
7.      dalang sebagai juru didik
8.      dalang sebagai seniman

Tidak hanya sebagai seorang pemain dan pengatur jalannya pertunjukan wayang, seorang dalang ternyata memiliki fungsi yang begitu luhur. Oleh sebab itu, sebagai bangsa Indonesia yang memilki bentuk kesenian ini, maka sudah sepantasnya kita melestarikannya. Tidak harus dengan menjadi dalang, namun dengan mengapresiasi pertunjukan – pertunjukan wayang yang ada disekitar kita, itu sudah cukup dan akan berdampak besar dalam perkembangan pewayangan dan pedalangan di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar