Social Icons

Pages

Sabtu, 11 Februari 2012

Perpustakaan atau Starbucks?

Mahasiswa UI pasti sudah paham mengenai gedung yang berbentuk seperti ‘markas Power Rangers’ atau ‘rumah Teletubies’ sebagai Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia. Semenjak dibuka pada bulan April 2011, perpustakaan yang konon merupakan perpustakaan terbesar di Asia ini ‘belum bernama’ karena pada bagian depan gedung belum memiliki ikon tulisan yang menyatakan gedung tersebut adalah perpustakaan. Ikon paling mencolok adalah tulisan Starbucks yang terpampang disisi gedung berhadapan langsung dengan danau Kenanga. Masyarakat di luar UI mungkin tidak tahu bahwa gedung tersebut adalah Perpustakaan Pusat UI. Mereka akan berpikir bahwa gedung tersebut mal, kafe atau malah rumah Teletubies seperti selentingan sebagian mahasiswa lainnya.

Bangsa Indonesia sejak lama paham betul bahwa nama merupakan sesuatu yang sakral terlebih lagi dalam kebudayaan Jawa. Nama anak misalnya, memiliki berbagai makna yang tersirat mengandung martabat, harapan, atau identitas sosial pemiliknya. Pada keturunan Raja, nama biasanya diberikan gelar seperti Raden, Raden Ajeng, Raden Mas dan lain-lain yang menunjukan identitas sosial mereka. Nama juga dapat menunjukan waktu kelahiran, misalnya Legi, Wage, Kliwon yang menunjukan hari ketika anak lahir. Selain penunjuk waktu, nama memiliki harapan tertentu misal Sugih yang berarti kaya, Urip berarti hidup, Beja berarti beruntung. Kesemua makna nama tersebut menunjukan betapa pentingnya nama bagi orang Jawa.

Terkait makna nama bangunan Perpustakaan Pusat UI muncul banyak pertanyaan. Tulisan Starbucks yang cukup besar, apakah berarti pembangunan Perpustakaan Pusat disponsori secara tunggal oleh kedai ini? Atau bermakna kita telah dijajah tanpa sadar? Terlebih telah kita ketahui, bahwa kedai Starbucks merupakan produk asal negara Paman Sam. (RR)

JARE

“Orang luar tidak akan tahu kalau gedung itu perpus, nama memang sesuatu yang penting. Dulu ada tulisan penunjuk gedung tersebut perpus pusat tapi entah dimana sekarang”. ( Dian, FH-UI Angkatan 2009)

 “Gue baru sadar loh soal itu. Nama Starbucks mungkin merupakan sponsor sama dengan tulisan Bank BNI dan Restoran Korea. Gedung itu mirip Citos isinya hanya tempat makan saja”. ( Terra, FIB-UI Angkatan 2010)

“Kalau kondisinya seperti sekarang, gedung ini dapat dikatakan tidak bermakna. Seharusnya ada tulisan keterangan perpus yang ukurannya lebih besar dibanding tulisan Starbucks itu”. ( Lia, FH-UI Angkatan 2009)

“Cenderung seperti mal bukan perpustakaan Dari depan tidak ada namanya, sedangkan dari samping tulisannya Starbucks. Bangunannya juga tidak menunjukan kalau itu sebuah perpustakaan”. (Andra, FIB-UI Angkatan 2010)

“Dulu pernah ada namanya Crystal of Knowladge seperti baliho itu, tapi tidak tahu sekarang”. (Rizal, FIB UI 2010)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar