Social Icons

Pages

Selasa, 20 Maret 2012

Dukun Beserta Kemampuannya

Oleh Patrisia Devitasari, Mahasiawa FIB UI 2010
Ilustrasi dari admin2i2h.blogspot.com

Seperti Banyak kebudayan di dunia, ilmu gaib dan tenung juga terdapat pada kebudayaan orang Jawa. Di Indonesia, ilmu gaib sudah pasti identik dengan dukun. Menurut KBBI, dukun adalah orang yang mengobati, menolong orang sakit dan memberi jampi – jampi atau mantra. Di Indonesia dukun memiliki macam – macam julukan sesuai dengan pekerjaannya, dari mulai dukun beranak, dukun jampi, dukun japa, dukun klenik, dukun santet, dukun susuk dan dukun tenung.
Dalam buku Kebudayaan Jawa yang ditulis oleh Koentjaraningrat, dukun mempunyai arti yang sangat luas dan bisa berarti seorang yang ahli. Ada yang disebut dhukun petangan atau peramal yang menghitung saat – saat serta tanggal – tanggal yang baik dengan memperhatikan lima hari pasar, biasanya pedoman dari dukun ini adalah buku primbon. Sebutan dukun dalam kebudayaan Jawa bukan hanya untuk orang yang melakukan aktivitas ilmu gaib saja, orang yang membantu persalinan dinamakan dhukun bayi. Kebanyakan dhukun bayi adalah wanita.
Selain itu ada pula dhukun pijet (ahli pijat), dhukun calak (ahli sunat), dan dhukun paes (ahli merias pengantin). Ada beberapa dukun yang melakukan penyembuhan dan pengobatan dengan menggunakan sebuah mata uang logam yang disisipkan di bawah kulit si penderita, dukun seperti ini disebut dhukun susuk. Dukun yang menggunakan mantera dan memberikan berbagai macam jamu kepada pasien disebut  dhukun japa atau dhukun jampi. Dukun yang dapat mengundang roh orang yang sudah meninggal ke tubuh mereka disebut dhukun prewangan  atau dhukun tiban. Sedangkan dhukun sihir atau  dhukun tenung adalah dukun yang mempunyai ilmu hitam dan biasanya melayani orang – orang yang mempunyai maksud tidak baik seperti menyantet orang lain.
 Dukun yang berorientasi kepada agama Islam, mereka dinamakan dhukun santri. Pada umumnya dukun santri melakukan prakter sebagai dukun penyembuh penyakit, dukun ini biasanya menggunakan ayat – ayat suci dan mantera – manntera dalam bahasa Arab untuk melakukan kegiatan mereka. Walaupun begitu, terkadang dukun seperti ini masih menggunakan buku primbon.
Saat ini dukun sudah kalah pamor dengan dokter dan bidan, sehingga praktek dukun sudah jarang ditemui di kota – kota besar dan biasanya hanya ada di desa saja. Selain itu, seiring berkembangnya zaman, muncul jenis dukun baru yaitu dukun cabul. Dukun ini biasanya berkedok sebagai dukun sakti tapi sebenarnya malah melakukan tindak kriminalitas. Hal seperti itu pula yang membuat orang sudah tidak pergi ke dukun karena hilangnya rasa percaya kepada dukun.

1 komentar:

  1. KISAH CERITA AYAH SAYA SEMBUH BERKAT BANTUAN ABAH HJ MALIK IBRAHIM

    Assalamualaikum saya atas nama Rany anak dari bapak Bambang saya ingin berbagi cerita masalah penyakit yang di derita ayah saya, ayah saya sudah 5 tahun menderita penyakit aneh yang tidak masuk akal, bahkan ayah saya tidak aktif kerja selama 5 tahun gara gara penyakit yang di deritanya, singkat cerita suatu hari waktu itu saya bermain di rmh temen saya dan kebetulan saya ada waktu itu di saat proses pengobatan ibu temen saya lewat HP , percaya nda percaya subahana lah di hari itu juga mama temen saya langsung berjalan yang dulu'nya cuma duduk di kursi rodah selama 3 tahun,singkat cerita semua orang yang waktu itu menyaksikan pengobatan bapak kyai hj Malik lewat ponsel, betul betul kaget karena mama temen saya langsung berjalan setelah di sampaikan kepada hj Malik untuk berjalan,subahanallah, dan saya juga memberanikan diri meminta no hp bapak kyai hj malik, dan sesampainya saya di rmh saya juga memberanikan diri untuk menghubungi kyai hj Malik dan menyampaikan penyakit yang di derita ayah saya, dan setelah saya melakukan apa yang di perintahkan sama BPK kyai hj Malik, 1 jam kemudian Alhamdulillah bapak saya juga langsung sembuh dari penyakitnya lewat doa bapak kyai hj Malik kepada Allah subahanallah wataala ,Alhamdulillah berkat bantuan bpk ustad kyai hj Malik sekarang ayah saya sudah sembuh dari penyakit yang di deritanya selama 5 tahun, bagi saudara/i yang mau di bantu penyembuhan masalah penyakit gaib non gaib anda bisa konsultasi langsung kepada bapak kyai hj Malik no hp WA beliau 0823-5240-6469 semoga lewat bantuan beliau anda bisa terbebas dari penyakit anda. Terima kasih

    BalasHapus